Diskusi Online IKA ITS Jakarta Raya Sesi-2, Norman Sasono : Security faktor utama dalam digital transformasi

Diskusi Online IKA ITS Jakarta Raya Sesi-2, Norman Sasono : Security faktor utama dalam digital transformasi
Norman Sasono, CTO DANA




ZONASATUNEWS.COM–Dalam diskusi online yang digelar oleh IKA ITS Jakarta Raya, Sabtu (16/5) salah satu narasumber, Norman Sasono (CTO Dana Indonesia) menyatakan, security adalah tugas utama yang harus dilakukan untuk aplikasi atau perusahaan untuk melakukan digital transformasi.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah, menentukan resiko, dan prioritas data leaks. Model-model penipuan melalui digital diantaranya : stolen account, stolen payment, promote abuse.

“Pelaku penipuan digital bukan hanya dilakukan oleh mereka yang coba-coba bermain, tapi professional yang memang bekerja untuk melakukan pembocoran,” kata Norman Sasono, alumni Teknik Fisika ITS ini

Diskusi online sesi kedua ini bertema “What Next on Industry COVID-19 Aftermath?Digital Security as Digital Transformation Challenges”. Diskusi menggunakan platform zoom ini diikuti oleh 184 peserta. merupakan alumni ITS dari lintas generasi, lintas Fakultas, dan lintas negara.

Sementara narasumber lainnya, Danny Kunto Wibisono, CEO PT. Ganesha Tradika Pancadaya, menyampaikan bahwa fungsi regulasi sangat diperlukan oleh nasabah atau konsumen untuk memastikan keamanan digital technology.

Tantangan lain adalah persaingan usaha yang sehat, local investment, pelayanan konsumen, local supplier.




Sementara itu fungsi regulasi seperti Komisi Ombudsman sangat penting sebagai salahsatu perangkat negara yang dapat digunakan untuk pengaduan permasalahan ITE.
Termasuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang bekerja sesuai dengan peraturan perbankan, sangat diperlukan bagi start up dana untuk kebutuhan komersial.

“Sehingga aplikasi lebih menitikberatkan pada pengembalian dana jika terjadi kebocoran yang bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna,” kata Danny.

Danny menambahkan, seiring perkembangan teknologi maka digital transformation telah merubah budaya pembayaran. Pembayaran digital (cashless) sebentar lagi akan banyak dan menjamur, akan menjadi payment master yang sangat normal di negara – negara,.

“Terbukti China sudah mulai ujicoba 3 daerah yaitu Hangzhou, Shaoxing, Ningbo. Dan sebentar lagi akan bergerak ke Indochina, Jepang, Korea, dan Asia Tenggara,” tambah Danny.

Narasumber lainnya, Dahlan Nariman (Associate Professor, Ritsumeikan Asia Pacific University) menjelaskan bahwa digital security bukan hanya menjadi tanggung jawab pelaku bisnis, namun juga menjadi tanggungjawab konsumen untuk dapat men-secure akun-akun pribadi sehingga menutup kemungkinan hacker dapat memasuki ruang privacy.

Animo diskusi online sangat besar. Disamping topiknya yang relevan dengan perkembangan saat ini, ditengah wabah convid-19 ini, metode diskusi online seperti ini menjadi model yang mampu memberikan jawaban memuaskan. Dan terbukti aplikasi zoom menjamur.

IKA ITS Jakarta Raya memastikan akan menggelar kegiatan ini secara periodik dengan tema-tema aktual.

EDITOR : SETYANEGARA







Tags: , ,
banner 468x60