Ilmuwan Heran Bintang Ini Usianya Lebih Tua dari Alam Semesta

Ilmuwan Heran Bintang Ini Usianya Lebih Tua dari Alam Semesta
Bintang Methuselah usianya lebih tua dari alam semesta, ilmuwan galau dengan teorinya tentang usia alam semesta yang diyakini hingga saat ini

Zonasatu News – Dikenal sebagai bintang Methuselah karena usianya yang ekstrem, bintang terdekat ini mungkin sudah ada sebelum peristiwa yang disebut sebagai Big Bang. Terletak hanya 200 tahun cahaya dari bumi, bintang yang secara resmi dikenal dengan nama HD 140283 telah lama mewakili satu masalah bagi para astronom.

Kembali pada tahun 2013, sebuah penelitian yang menggunakan sensor dari teleskop luar angkasa Hubble NASA menetapkan bahwa bintang tersebut berusia sekitar 14,5 miliar tahun. Sebuah angka yang tampaknya mustahil mengingat bahwa usia alam semesta sendiri diperkirakan sekitar 13,8 miliar tahun.

“Itu teka-teki proporsi kosmik. Bagaimana mungkin alam semesta mengandung bintang yang lebih tua dari dirinya sendiri?” tulis fisikawan, Robert Matthews dalam artikel The National. “Itulah teka-teki yang sekarang dihadapi para astronom yang berusaha menentukan usia alam semesta dan resolusinya dapat memicu revolusi ilmiah,” lanjutnya, seperti dikutip VIVA.

Editor : Setyanegara 

 

Tags: ,
banner 468x60