Ngeri! Ini Suara Jeritan Bumi Saat Disapu Badai Matahari

Ngeri! Ini Suara Jeritan Bumi Saat Disapu Badai Matahari
Ini Foto Pertama Bumi yang Diambil dari Luar Angkasa 76 Tahun Lalu




Para ilmuwan lalu menerjemahkan gelombang magnetoacoustic menjadi suara untuk memahami dinamika interaksi antara badai Matahari dengan magnetosfer.

Zonasatu News  – Para ilmuwan dari Universitas Helsinki di Finlandia mengubah aktivitas elektromagnetik menjadi suara saat Bumi terkena badai Matahari, demikian diwartakan oleh Science Alert pekan ini.

Suara tersebut dihasilkan oleh magnetosfer yang melindungi manusia dari radiasi angin Matahari. Jika semakin kuat angin Matahari berhembus, maka semakin nyaring suara magnetosfer terdengar.

Saat partikel bermuatan listrik dari angin Matahari menghantam magnetosfer, sebagian partikel tersebut dipantulkan kembali oleh medan magnet kembali ke Matahari.

Pantulan ini kemudian bertabrakan kembali dengan angin Matahari yang masih berhembus dan menghasilkan ketidakstabilan dalam plasma hingga menghasilkan gelombang magnetoacoustic.

Para ilmuwan lalu menerjemahkan gelombang magnetoacoustic menjadi suara untuk memahami dinamika interaksi antara angin Matahari dengan magnetosfer.

Rekaman suara tersebut diunggah pada ilmuwan ke YouTube pada 18 November kemarin.


Saat cuaca normal, magnetosfer menghasilkan gelombang frekuensi rendah. Tetapi saat badai Matahari terjadi, tekanan angin Matahari yang mendorong frekuensi gelombang menjadi jauh lebih tinggi.

Saat ini, tim peneliti sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana gelombang kompleks ini dihasilkan. Penelitian ini telah dipublikasi dalam jurnal Geophysical Research Letters.







Tags: ,
banner 468x60