Teleskop Raksasa Hubble Menangkap Dua Galaksi Bertabrakan Membentuk Wajah Mengerikan

Teleskop Raksasa Hubble Menangkap Dua Galaksi Bertabrakan Membentuk Wajah Mengerikan
Dua Galaxy bertabrakan membentuk formasi mirip wajah yang mengerikan




Zonasatu News – Teleskop antariksa Hubble menangkap foto dua galaksi yang bertabrakan. Tabrakan kedua galaksi itu membentuk wajah mengerikan dengan dua mata sebagai inti dari masing-masing galaksi tersebut.

Sementara di sekitarnya merupakan tabrakan bintang dari cakram masing-masing galaksi.

Cincin bintang-bintang berwarna biru cerah itu seperti membentuk wajah dengan rumpun bintang padat berkumpul untuk membentuk hidung dan mulutnya.

NASA menyebutkan bahwa penggabungan kedua galaksi ini akan memakan waktu sekitar 1 miliar hingga 2 miliar tahun dan akan tetap berbentuk seperti itu sekitar selama 100 juta tahun.




“Tumbukan langsung antar dua galaksi ini relatif jarang terjadi. Hal ini menarik karena meregangkan piringan gas, debu, dan bintang-bintang galaksi ke arah luar. Tindangan ini membentuk cincin pembentukan bintang yang intens yang membentuk hidung dan wajah,” ucap salah satu petinggi NASA, sebagaimana dilansir laman Space.com.

Asteroid berbentuk wajah. [Hubblesite]
Galaksi berbentuk wajah. [Hubblesite]
Menariknya, kedua galaksi yang bertabrakan ini memiliki ukuran yang hampir sama. Umumnya, sebagian besar tabrakan galaksi akan melibatkan galaksi berukuran lebih besar melahap galaksi yang lebih kecil.

Penggabungan galaksi ini dikenal sebagai Arp-Madore 2026-424. Arp-Madore 2026-424 berjarak sekitar 704 juta tahun cahaya dari Bumi dan terletak di rasi bintang Microscopium.

Para ilmuwan Hubble mengabadikan gambar ini pada 19 Juni sebagai bagian dari program snapshot yang menyelidiki galaksi dengan interaksi yang tidak biasa. penyelidikan ini akan membantu NASA memilih target untuk James Webb Space Telescope, teleskop penerus Hubble yang dijadwalkan akan diluncurkan pada 2021 mendatang.
Editor : Setyanegara

 







Tags: ,
banner 468x60