Agus Mualif: Para Rasul Dalam Peradaban (Seri-83)

Agus Mualif: Para Rasul Dalam Peradaban (Seri-83)
Agus Mualif Rohadi




Oleh : Agus Mualif Rohadi

VII. Nabi Ilyas, Ilyasak, Yunus, Penghancuran Haikal Sulaiman (Masjidil Agsha), Bani Israel Terjajahdan Diperbudak Lagi.

Qs Ash – Shaffat 142 dan Kitab Yunus 1 : 17 melanjutkan kisahnya yaitu, Nabi Yunus kemudian ditelan oleh ikan besar dan dalam keadaan telah membuat kesalahan. Demikianlah nabi Yunus mengira bahwa Kami (Allah) tidak akan memberikan kesulitan. Dia kemudian mengalami situasi yang bisa membuat orang menjadi tertekan jiwanya karena di dalam perut ikan suasananya gelap tanpa cahaya sedikitpun. Tidak dapat membedakan kiri dan kanan, atas dan bawah, serta tidak bisa bergerak. Badan terasa bercampur dengan benda benda laut yang menjadi makanan ikan, Beberapa hari nabi yunus mengalami keadaan yang dapat membuat orang kehilangan ingatan, sedang tubuh semakin lama semakin kehilangan kekuatannya, menjadi lemas tidak bertenaga dan tidak berdaya.

Blogspot.com, Lukisan Nabi Yunus dilempar ke laut, kemudian ditelan ikan besar.




Dalam keadaan seperti itu, Nabi Yunus dengan tetap beriman kepada Allah dan dengan hati yang sedih selalu terus menerus merintih dan bertobat memohon ampunan karena merasa dirinya menjadi orang yang dzalim (Qs Al – Anbiya 87). Nabi Yunus banyak melakukan dzikir bertasbih kepada Allah secara terus menerus (Qs Ash – Shaffat 143). Kitab Yunus 2 : 1 – 10 menginformasikan tentang do’a dan ucapan syukur nabi Yunus selama diperut ikan.

Hingga akhirnya pertobatannya di terima Allah dan kemudian diselamatkan oleh Allah dari kedukaan (Qs Al – Anbiya 88). Jika nabi Yunus tidak banyak berdzikir kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal diperut ikan sampai hari berbangkit (Qs Ash – Shaffat 144). Kemudian Allah memerintahkan ikan tersebut untuk melemparkannya (memuntahkannya) di daratan yang tandus dalam keadaan sakit (Qs Ash – Shaffat 145).

Seorang Rasul pun dapat membuat kesalahan yang bersifat manusiawi. Namun seorang rasul pasti pikiran dan hatinya akan selalu terpelihara, sehingga segera menyadari kesalahannya kemudian bertobat. Allah pasti mempunyai maksud yang tidak disampaikan kepada para rasulnya. Jikalau Allah mau, semua manusia akan dibukakan hatinya untuk dapat menerima kebenaran dari Allah yang disampaikan melalui para rasul dan nabi nabinya.Namun meskipun banyak yang tidak menghiraukan peringatan rasul dan nabinya, Allah bersifat adil yang keadilannya meliputi seluruh mahluk ciptaannya. Dengan rahmat Allah, manusia tetap dapat menjalanki kehidupannya. Oleh karena itu Allah memberitahukan tentang adanya hari berbangkit setelah hari kiamat, dimana semua perbuatan harus dipertanggung jawabkan. Allah telah memberikan petunjuk tentang jalan yang benar melalui rasul dan nabinya. Dan petunjuk itu ketika di hari pembalasan, akan berubah menjadi kitab yang mengadili perbuatan manusia selama di dunia.

Blogspot.com, Lukisan tentang Nabi Yunus di muntahkan ikan besar di dataran tandus setelah bertobatdan berdzikir kepada Allah.

Sekiranya dia tidak mendapatkan nikmat dari Allah, pastilah nabi Yunus tercampakkan ketanah tandus dalam keadaan tercela, namu Allah memilihnya dan menjadikannya termasuk orang yang salih (Qs Al – Qalam 49 – 50). Kemudian Allah menumbuhkan sebatang pohon dari jenis labu (Qs Ash – Shaffat 146). Pohon tersebut tentunya tumbuh dengan cepat dan kemudian segera berbuah sehingga dapat dimakan nabi Yunus agar dapat memulihkan tenaganya kembali.

Ketika telah kembali sehat dan kuat, nabi Yunus mendapatkan wahyu untuk pergi ke kota yang berpenduduk seratus ribu orang lebih (Qs As – Shaffat 147) yaitu ke kota Niniwe (sekarang Mosul, Iraq) di wilayah Asyiria atau Asyur dengan kewajiban mengingatkan penduduk Niniwe agar bertobat dan kembali menyembah kepada Allah. Perjalanan yang cukup jauh untuk saat itu, dari wilayah bani Israel kemudian menempuh perjalanan ke wilayah Aram, terus ke Mitani baru kemudian masuk wilayah Asyur dimana kota niniwe berada. Dengan jumlah penduduk yang jumlahnya besar untuk ukuran masa tersebut, kota Niniwe adalah kota yang besar dan peradabannya maju.

BACA JUGA:

Dengan demikian, dari Qs Ash – Shaffat 147 ini menunjukkan bahwa Asyur telah bangkit kembali setelah beberapa ratus tahun mengalami keterpurukan sejak masa Nabi Musa akibat perang sangat panjang dengan negeri Hitti dan Elam yang menghancurkan kota dan menghanguskan sumber makanan, serta kehilangan penduduk dalam jumlah cukup besar. Pulihnya negeri Asyur juga ditunjukkan oleh ketidak beranian raja raja Aram merambah wilayah Asyiria. Sering terjadi konflik antara Aram dengan Samaria, namun tidak terjadi konflik antara Aram dengan Asyiria. Dengan demikian, saat itu wilayah Asyiria adalah wilayah yang cukup kuat, namun tidak cukup kuat untuk melakukan aneksasi ke negara lainnya.

S3.amazonaws.com. Lukisan Nabi Yunus berteduh di pohon labu.

Sampai di Niniwe, tanpa membuang waktu nabi Yunus segera mengingatkan penduduknya bahwa kota itu dalam waktu empat puluh hari akan mendapatkan adzab dari Allah jika penduduknya tidak segera bertaubat kepada Allah. Ternyata penduduk Niniwe, meskipun bukan orang orang bani Israel adalah penduduk yang sudah mengenal Allah dan mengetahui tentang kerasulan nabi Yunus di Samaria. Mereka segera mengkabarkan kedatangan dan peringatan Nabi Yunus akan adzab Allah kepada raja mereka.

Rajapun ternyata menanggapinya dengan baik dan segera meninggalkan singgasananya. Raja menjemput nabi Yunus dan segera mengumumkan kepada para pembesar dan rakyatnya untuk melakukan pertobatan. Bahkan bukan hanya penduduk saja yang harus bertobat binatang ternakpun diwajibkan untuk berpuasa (tidak diberi makan dan minum). Baik raja, pembesar istana, rakyat maupun binatang ternak harus memakai kain perkabungan untuk melakukan pertobatan.

Setelah pertobatan dari orang orang yang beriman kepada Allah tersebut selesai dan waktu yang diperingatkan tersebut dilewati, Allah kemudian mencabut adzabnya, dan Allah menggantinya dengan kesenangan dan kenikmatan hidup sampai waktu tertentu (Qs Ash – Saffat 148, Qs Yunus 98).

(bersambung …………..).

EDITOR: REYNA







banner 468x60