Dari Rekaman CCTV Bandara : Harun Masiku Diduga Sudah Kembali Ke Indonesia Sebelum OTT KPK

Dari Rekaman CCTV Bandara : Harun Masiku Diduga Sudah Kembali Ke Indonesia Sebelum OTT KPK
Harun Masiku, buron KPK tersangka kasus penyuapan Komisioner KPU Wahyu Setiawan




ZONASATUNEWS.COM–Harun Masiku, buron KPK  tersangka kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan, diduga telah kembali ke Indonesia sebelum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan yang menyeret mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. 

Seperti dikutip Majalah Tempo edisi 18 Januari 2020, “Harun di Pelupuk Mata Tak Nampak”, CCTV Bandara Soekarno-Hatta merekam detik-detik calon legislatif PDIP pada Pemilu 2019 ini tiba di tanah air pada 7 Januari 2020.

Ia memang melancong ke Singapura pada 6 Januari 2020 menggunakan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 832 dan duduk di kursi 6K, yang berangkat pukul 11.30 dan tiba pukul 14.20 waktu Singapura.




Sumber : Majalah Tempo

Keesokan harinya, Harun tiba di Indonesia menggunakan Batik Air. Kedatangan Harun di Soekarno-Hatta pun terekam kamera pengawas (CCTV) yang salinannya diperoleh Tempo.

Salinan rekaman berdurasi 20 detik yang diperoleh Tempo menunjukkan rombongan penumpang pesawat yang baru saja mendarat sedang berjalan di travelator. Mengenakan kaos lengan panjang dan celana panjang serta sepatu serba hitam,

Harun berjalan paling belakang dari rombongan. Tangan kanannya menenteng 2 tas, salah satunya tas belanja.

Beberapa belas menit kemudian, seorang pria berseragam menghampirinya. Belakangan Harun naik Silver Bird Toyota Alphard.Harun diduga menuju apartemen Thamrin Residence. Kedatangannya dibenarkan oleh seorang pegawai yang ditemui Tempo.

Pada 8 Januari 2020, KPK menggelar rangkaian operasi tangkap tangan. Penyidik sebenarnya sudah memantau pergerakan Harun. Namun, buruan ini lolos. Diduga ada orang-orang yang melindungi Harun.

Tutupi Harun

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terkesan menutup-nutupi jejak Harun Masiku.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga menangkap Harun Masiku. KPK dan Pemerintah masih beralasan bahwa Harun ada di luar negeri.

Ketua KPK Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri meyakini Harun masih di luar negeri.Ketua Dia mengaku sudah meneken surat permintaan bantuan ke kepolisian untuk memburu Harun.

“Sampai hari ini penyidik tetap mencari dan berupaya menangkap tersangka yang melarikan diri tersebut,” ujar Firli pada Jumat (17/1/2020).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Imigrasi Arvin Gumilang kepada Tempo mengatakan Harun belum tercatat kembali ke tanah air.

Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly

Begitu pula Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly ngotot menyatakan Harun masih diluar negeri.

“Pokoknya belum di Indonesia,” kata Yasonna yang juga politikus PDIP itu pada Kamis, 16 Januari 2020, seperti dikutip Tempo.co

Editor : Setyanegara 







Tags: , , ,
banner 468x60