Jokowi 3 Periode, Militer Kudeta. Ngimpi?

Jokowi 3 Periode, Militer Kudeta. Ngimpi?
Presiden Joko Widodo




ZONASATUNEWS.COM–Terjadi kudeta militer di Guinea, Afrika, Minggu (5/9/2021).Gara-garanya Presiden Alpha Conde melakukan amandemen konstitusi. Jabatan presiden diubah 3 periode. Letnan Kolonel Mamady Doumbouya memimpin kudeta.

Itu di Guinea. Bagaimana di Indonesia?

Jokowi 3 periode

Memang isunya mirip Indonesia. Jabatan Jokowi akan diperpanjang 3 periode. Tentu melalui amandemen konstitusi dahulu. Dan tetap prosedural. Bertarung di Pilpres. Meskipun hasilnya sudah diketahui.

Andai amandemn berhasil, jabatan diperpanjang 3 periode, apakah militer akan kudeta? Seperti di Guinea? Tidak mungkin. Jangan ngimpi.

Lho?

Indonesia bukan Guinea. Dalam banyak hal. Jadi tidak bisa disamakan. Bahkan beda sama sekali. Juga militernya.

Militer Indonesia tidak punya sejarah kudeta. Tidak punya tradisi kudeta. Tidak punya referensi kudeta. Tidak punya nyali kudeta. Buku militer Indonesia tidak pernah mengajarkan kudeta terhadap pemerintah yang sah.

Militer diajarkan selalu bela rakyat, ya. Sejarah militer Indonesia sejak dulu selalu bergandengan tangan dengan rakyat. Kesatuan TNI dengan rakyat adalah harga mati. “TNI adalah milik rakyat,” begitu pesan Jenderal Besar Soedirman.

Makanya, jangan harap militer kudeta. Itu ngimpi. Halu.

Bagaimana kalau pemerintah tidak disukai rakyatnya? Belajar pada sejarah, bagaimana Soekarno jatuh. Soeharto jatuh. People power. Dijatuhkan oleh rakyat.

Dimana militer saat itu? Dibelakang rakyat.

Apakah sekarang pemerintah masih disukai rakyat? Apakag militer masih dibelakang rakyat?

PENULIS : BUDI PURYANTO
EDITOR : REYNA







banner 468x60