Masa Depan RUU HIP, PDIP Harus Konsisten Maju Terus

Masa Depan RUU HIP, PDIP Harus Konsisten Maju Terus




Oleh : Budi Puryanto

Memang partai-partai lain sudah balik badan. Semula mendukung RUU HIP, kini ramai-ramai menolak. Meninggalkan PDIP sendirian. Lantas RUU HIP batal? Nanti dulu.

PDIP bukan partai kemarin sore. Yang mudah mencla-mencle. Bukan “isuk tempe sore dele”, kata pepatah Jawa.

PDIP besar oleh perjalanan sejarah panjang. Kaya pengalaman. Sudah banyak makan asam garam politik.

Saya berharap PDIP tetap konsisten untuk maju terus. Memperjuangkan RUU HIP. Bukankah Pancasila, Trisila, Eka sila, itu ide Bung Karno yang disampaikan pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Tidak salah dong, kalau PDIP sebagai pewaris gagasan Sukarno terus memperjuangkan gagasan itu menjadi UU.

Toh tonggak keberhasilan sudah dicanangkan oleh PDIP. Apa itu? Peringatan Hari Jadi Pancasila tiap tanggal 1 Juni. Itu adalah keberhasillan PDIP memenangkan kontestasi tafsir Pancasila.

Sampai disini mestinya sudah bisa dipahami, mengapa PDIP mengusung RUU HIP. Lho, Pancasila 1 Juni sudah diakui pemerintah, kok Trisila dan Ekasila dalam RUU HIP ditolak? Pancasila 1 Juni itu tawaran Pancasila versi Bung Karno, yang bisa diperas menjadi Trisila, dan Ekasila, dan itu tertuang dalam RUU HIP.

Kalau Pancasila, Trisila, dan Ekasila dalam RUU HIP ditolak, pemerintah dan masyarakat juga harus konsisten, hari jadi Pancasila 1 Juni juga harus ditolak. Tidak boleh ada lagi peringatan Hari Jadi Pancasila tiap 1 Juni. Itu namanya konsisten..

Kehilangan suara

Ada pengamat yang mengatakan PDIP akan hancur kalau terus ngotot memperjuangka RUU HIP. Saya berbeda pandangan. PDIP itu partai yang punya akar kuat di masyarakat. Banyak pemilih fanatik. Menguasai pemerintahan pusat maupun di daerah. Kaderrnya hebat-hebat dan militan. Infrastruktur partai telah terbangun dengan rapi dan kokoh.

Justru sebaliknya bisa terjadi. PDIP akan dipandang masyarakat sebagai partai yang konsisten memperjuangkan gagasannya. Meskipun dia harus berjuang sendirian. Meskipun pada akhirnya harus kalah.Dan itu bisa menjadi poin positip bagi PDIP. Dan itu bisa menjadi daya dongkrak elektoral. Suara PDIP bisa naik karena citra positif ini.

Ingat PDIP adalah partai ideologis.Tentunya tidak akan mudah menyerah dalam pertarungan ideologis, seperti RUU HIP itu. Kalian yang mengharap PDIP mundur terartur karena ditinggal sendirian oleh partai-partai lainnya, siap-siaplah gigit jari.

EDITOR : SETYANEGARA

 

 

 







Tags: ,
banner 468x60