Membongkar Kebohongan Sejarah, Batara R Hutagalung : Walisongo Tidak Ada Yang Dari Cina

Membongkar Kebohongan Sejarah, Batara R Hutagalung : Walisongo Tidak Ada Yang Dari Cina
Batara R Hutagalung




ZONASATUNEWS.COM–Selama puluhan tahun hampir semua rakyat Indonesia pernah mendengar, dan sangat banyak yang percaya, bahwa beberapa Walisongo adalah orang Cina. Benarkah? Ternyata tidak.

Peneliti sejarah Batara R Hutagalung menegaskan informasi yang telah menyebar luas itu adalah bohong (hoax).

“Sumber hoax ini awal tahun 1930-an, adalah Kepala Dinas Intel Politik Belanda (Politieke Inlichtingen Dienst) Poortman,”kata Batara R Hutagalung dalam sebuah siaran di Radio Bravos, Jakarta. Siaran tersebut telah diunggah di channel Youtube pada tanggal 8 November 2019. 

“Tidak tertutup kemungkinan bahwa memang ini by design, karena kalau kita lihat sejarah perlawanan dari awal abad ke 20, perlawanan terhadap penjajah, itu dua kekuatan yaitu kekuatan nasionalis dan Islam,” ungkapnya.

Dan untuk itu, kita sudah tau dari metode yang lama, kekuatan nasionalis harus dipecah dan kekuatan Islam juga harus dipecah, dibingungkan, dikacaukan.

“Jadi, kalau saya melihat ini bahwa Residen Poortman dia memang mengarang, mengarang cerita dengan melenyapkan bukti-bukti karna bukti-bukti itu dia sita tiga cikar dan sekarang tidak ketahui dimana sumber keberadaanya. Yang beredar hanya catatan tangan dia, dia sebutkan ada lima catatan tangan,” Tegas Batara.

LIHAT VIDEO SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Penulis : Budi Puryanto

EDITOR : SETYANEGARA







Tags: ,
banner 468x60