Pius Lustrilanang : Alarm Sudah Berbunyi

Pius Lustrilanang : Alarm Sudah Berbunyi
Pius Lustrilanang




Oleh : DR. Pius Lustrilanang, MSi
Pemerhati Sosial

Alarm sudah berbunyi. Saatnya untuk sigap dan siaga. Hari ini terjadi peningkatan drastis jumlah positip Covid-19. Rekor tertinggi sejak wabah melanda. Ada tambahan 337 penderita baru, 40 meninggal, dan 30 sembuh. Saya ingatkan kembali : AS, Italia, dan Spanyol hanya butuh 5-6 hari sejak penambahan 200 penderita per hari pertama berubah menjadi di atas 1000 per hari.

Waktunya untuk menghitung kembali kesiapan penyediaan fasilitas gawat darurat, respirator, APD, dan rapid test dan PCR. Semua peralatan ini sangat dibutuhkan untuk menekan angka kematian. Kita berkejaran dengan waktu. Jangan sampai pada saat terjadinya ledakan, kita kekurangan semua alat kesehatan yang vital tersebut.

Harus ada evaluasi harian terhadap pendekatan pencegahan penyebaran Covid-19. Harus ada langkah yang lebih tegas dari hari ke hari untuk memastikan setiap orang mematuhi instruksi agar tetap tinggal di rumah. Pemerintah harus segera menyiapkan kebutuhan minimal warga miskin dan rentan miskin selama mereka diam di rumah.

Ini adalah perjuangan panjang, pemerintah harus mengerahkan semua sumber daya yang ada, membangun solidaritas warga, memberikan kepastian dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa kita mampu mengatasi krisis Covid-19 ini dengan baik. Tentu dengan syarat bahwa Kita semua harus bersatu melawan Covid-19.

Editor : Seryanegara







banner 468x60