Semua cerita dunia hingga saat ini berawal dari masjid Al Khalil Ibrahim, Hebron Palestina

Semua cerita dunia hingga saat ini berawal dari masjid Al Khalil Ibrahim, Hebron Palestina
Agus Mualif Rohadi




Oleh : Agsus Mualif Rohadi

Semua cerita dunia hingga saat ini berawal dari tempat ini, masjid Al Khalil Ibrahim, Hebron Palestina.

Dibawah masjid itu ada gua Magphela, kubur Nabi Ibrahim dan Sarah, Nabi Ishaq dan Ribka, Nabi Ya’cub dan Lia. Untuk masuk ke kubur harus melalui lantai bawah. Namun peziarah bisa melihat dari dalam masjid yang ada cungkup makam. Tersedia lubang kecil untuk mengintip melihat kebawah yang hanya kelihatan lampu.

Saat ini, disekitar masjid terdapat ruko ruko yang dahulunya milik orang Palestina, sekarang kebanyakan menjadi milik orang Israel, bisa dilihat dari bendera yang dipasang diruko ruko itu.

Saya hanya melihat dua ruko kecil milik orang Palestina yang menjual cinderamata untuk penziarah muslim. Jalan disekitar tempat itu ada sebagian yang sudah ditutup batu besar, pertanda bahwa orang hanya bisa masuk dari ujung jalan lainnya. Pertanda batu itu juga menunjukkan bahwa semua pemukiman di jalan itu sudah menjadi milik bani Israel dan orang palestina tidak diperbolehkan melewati jalan itu.

Masjid Al Khalil Ibrahim, Hebron Palestina




Hampir semua peristiwa berasal dari kisah ini :

1. Dari Hebron ini, ketika Hebron diserang wabah hebat, Nabi Ibrahim, Sarah, Luth, dan semua pengikutnya, dengan membawa semua harta bendanya, mengungsi ke Mesir. Ada cerita seru di Mesir antara Fir’aun dengan Sarah, yang intinya menunjukkan bahwa Tuhan Fir’aun telah dilumpuhkan oleh Tuhan Ibrahim melalui doa Sarah. Fir’aun bisa jatuh pamornya jika cerita itu didengar rakyatnya. Maka Ibrahim dan seluruh rombongannya harus diusir dari Mesir. Karena takut, Fir’aun memberi banyak hadiah harta benda kepada Ibrahim dan budak untuk Sarah, yaitu Hajar. Sekitar lima tahun di Mesir.

2. Setelah pulang dari Mesir ke Hebron, Nabi Ibrahim bolak-balik lima kali dari Hebron ke Mekkah untuk jangka waktu sekitar 25 tahun. Jarak Hebron ke Mekkah sekitar 800 km.

a). Perjalanan pertama mengantar Hajar dan bayi Ismail yang kemudian ditinggal sendirian tanpa ada orang yang menemani.

b) Perjalanan kedua, setelah sekitar 13 th, menengok Hajar dan Ismail, Mekkah saat itu sudah mulai ramai dengan penghuni dari suku jarhomit yaman. Di Mekkah Nabi Ibrahim diperintah menyembelih Ismail.

c) Perjalan ke tiga, di Mekkah saat itu Hajar sudah meninggal, Nabi Ibrahim hanya bertemu istri Ismail yang pertama, yang dengan pesan sandi Nabi Ibrahim menyarankan agar menceraikan istri pertamanya itu.

d) Perjalanan ke empat, Nabi Ibrahim juga hanya ketemu istri kedua Ismail, yang dengan pesan sandi Nabi Ibrahim menyarankan agar istri keduanya itu tetap dipertahankan.

e) Perjalanan kelima, Nabi Ibrahim dapat bertemu Ismail dengan keluarganya. Saat itu, Nabi Ismail sudah punya anak yang masih kecil yaitu Nabit dan Kedar (Qaidarà. Tapi nantinya, anak Nabi Ismail 13 orang, yang satu perempuan, dan yang perempuan diperistri oleh anak Nabi Iskhak saudara kembar Ya’cub, yaitu Esau yang dari perkawinan itu muncul bangsa Edom.

Anak anak Ismail ini yang nantinya menurunkan suku suku arabiya dan dari Qaidar menurunkan suku Qurais.

Dalam pertemuan dengan Nabi Ismail ini, Nabi Ibrahim diperintah oleh Allah bersama Ismail agar meninggikan pondasi Ka’bah. Artinya, Ka’bah sudah ada disitu tidak diketahui kapan awal mulanya dibangun.

Ka’bah dibangun kembali, dan untuk pertama kali hajar aswat yang diberikan langsung oleh malaikat Jibril di tempelkan disalah satu sudut Ka’bah. Setelah selesai membangun Ka’bah, Nabi Ibrahim menyunat Ismail dan dirinya sendiri kemudian menyunat masyarakat Mekkah. Ini adalah ibadah sunat untuk yang pertama kalinya.

Setelah beberapa lama kemudian, Nabi Ibrahim melaksanakan ibadah haji untuk yang pertama kalinya dan mengajarkan kepada Nabi Ismail dan masyarakat Mekkah.

3) Di Hebron, Nabi Ibrahim dan Sarah dikunjungi malaikat, mengabarkan bahwa :

a) Nabi Ibrahim dan Sarah akan dikaruniai keturunan yaitu Iskhak dan Iskhak akan mempunya anak Ya’cub, dan ternya anak Iskhak lahir kembar yaitu Esau dan Ya’cub. Dari Esau muncul bangsa Edom dan suku bangsa lainnya, sedang dari Ya’cub muncul bani Israel.

b) memberi tahu bahwa masyarakat Luth di sodom dan gomorah akan dihukum oleh Allah, namun Luth dan anak anaknya serta beberapa orang yang tetap taat pada nasihat Luth diselamatkan.

4) Nabi Ibrahim dari kejauhan dapat melihat peristiwa mengerikan di Sodom dan Gomorah, dan menyongsong rombongan Nabi Luth. Dari anak anak Nabi Luth, muncul pula beberapa suku bangsa yang sekarang menyebar di wilayah palestina dan lain lain.

Editor : Setyanegara

 







Tags: , , , ,
banner 468x60