Tahukah anda mengapa logo brand lebih sering ada disisi kiri pakaian?

Tahukah anda mengapa logo brand lebih sering ada disisi kiri pakaian?




ZONASATUNEWS.COM, Jakarta– Tanpa kita sadari ada hal yang aneh. Logo merek (brand) pakaian yang ada di T-shirt sebagian besar ditaruh disebelah kiri pemakainya. Coba diperhatikan. Benar kan? Mengapa tidak di kanan? Apakah ada alasan masuk akal?

Penempatan logo brand yang besarnya tak seberapa ini mungkin terkesan sepele. Tapi ternyata ada alasan yang cukup strategis di balik penempatan logo di sisi kiri baju.

Pertama-tama kamu harus paham pentingnya logo itu sendiri. Bagi sebuah brand, logo sangatlah penting untuk membangun kesan pertama pada publik maupun audiens.




Bagaimana agar logo itu selalu diingat dan dilihat orang? Tempatkanlah di mana dia langsung mendapat perhatian. Di mana? Sisi atau sebelah kiri.

Menurut studi yang dilakukan Nielsen Norman Group, logo yang berada di bagian kiri atas akan diingat untuk waktu yang lebih lama ketimbang logo sebelah kanan. Kemungkinan orang mengingat kembali sebuah logo lebih tinggi 89 persen ketika ditempatkan di sisi kiri.

Logo brand Lacoste di sisi kiri polo shirt.Logo brand Lacoste di sisi kiri polo shirt. Foto: Dok. Lacoste

Selain itu penempatan logo ini juga mengikuti refleks sebagian besar orang. Seperti dikutip dari Brightside, orang cenderung lebih sering melirik ke sisi kiri dibandingkan sisi kanan. Oleh karena itu logo brand akan lebih terlihat ketika orang memandang sebuah objek.

Selain itu ketika dua orang bersalaman, mereka juga cenderung akan melihat sisi kiri pakaian, di mana logo tersebut terpasang. Tak hanya logo, tag nama, pin atau bros juga selalu disematkan di sisi kiri pakaian agar lebih menarik mata orang.

Coba saja cek baju-baju kamu di rumah. Apakah semua logonya ada di sisi kiri?

EDITOR : SETYANEGARA







banner 468x60