Iran akan memperhitungkan pembalasan terhadap Israel namun menghindari konflik regional

Iran akan memperhitungkan pembalasan terhadap Israel namun menghindari konflik regional



Iran ‘mempersiapkan respons yang bertujuan untuk menunjukkan kekuatan pencegahan sekaligus menunjukkan pengendalian diri,’ kata surat kabar Financial Times di AS

ANKARA – Iran akan memulai pembalasan yang tepat terhadap Israel karena menyerang konsulatnya di Suriah agar tidak memicu konflik regional besar-besaran, media barat melaporkan pada hari Jumat.

Surat kabar Financial Times AS mengatakan para diplomat Barat menyimpulkan, berdasarkan pembicaraan antara Iran dan negara-negara Eropa, bahwa Iran “sedang mempersiapkan respons yang bertujuan untuk menunjukkan kekuatan pencegahan sekaligus menunjukkan pengendalian diri.”

Bahkan jika Iran terlibat dalam serangan langsung ke wilayah Israel, hal itu mungkin akan “dikalibrasi” dengan cara yang tidak akan memicu “pembalasan Israel yang akan menyebabkan aset Iran di Lebanon dan Suriah hancur,” kata seorang pejabat Barat kepada surat kabar tersebut.

Para diplomat yang dikutip Financial Times juga percaya bahwa Israel dapat menoleransi serangan Iran yang akan menyebabkan “kerusakan fisik pada fasilitas militer,” namun tidak menyebabkan kematian personel militer, yang kemudian akan “memicu respons Israel yang lebih luas.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Kamis bahwa tentara Israel siap menghadapi tantangan dari semua lini ketika ketegangan meningkat dengan Iran.

“Kami menetapkan prinsip sederhana: Siapa pun yang memukul kami, kami pukul,” ujarnya.

Tel Aviv berada dalam siaga tinggi di tengah kekhawatiran kemungkinan serangan Iran terhadap sasaran-sasaran Israel setelah adanya ancaman dari Teheran untuk membalas dugaan serangan Israel pada 1 April terhadap Konsulat Iran di Damaskus.

“Jangan,” kata Presiden AS Joe Biden dalam pesannya kepada Teheran.

“Kami mengabdikan diri untuk membela Israel. Kami akan mendukung Israel. Kami akan membantu membela Israel dan Iran tidak akan berhasil,” katanya kepada wartawan, Jumat.

SUMBER: ANADOLU AGENCY
EDITOR: REYNA




http://www.zonasatunews.com/wp-content/uploads/2017/11/aka-printing-iklan-2.jpg></a>
</div>
<p><!--CusAds0--><!--CusAds0--></p>
<div style=