CABE, Catetan Babe (76): Pukul Gambang Maen Piano, Saya Bimbang Sama Siano

CABE, Catetan Babe (76): Pukul Gambang Maen Piano, Saya Bimbang Sama Siano
Ridwan Saidi, Budayawan




Oleh: Ridwan Saidi, Budayawan

 

Dari mana gambang kromong? Merujuk instrumen bukan China. Persamaan hanya pada rebab. Rabab asal Arab. Gong, atau go’ong asli Andunisi. Gong merujuk tekstur. Lingkaran dengan titik tengah menonjol. Itu model makam wanita Peru.

Gendang Andunisi dengan Indochina sama. Kiri kanan ditutup kulit. China cuma sebelah.
Pola musikalitas gambang mirip musik Indochina.

Gambang dibawa orang2 Indochina pada era migrasi mereka besar2an pada XIII M. Bahwa di antara mereka menyimpan Chinese blood soal lain.

Ada tiga tingkat lagu gambang:
1. Phobin
2. Dalem (berkelas)
3. Sayur (pop).




Penyanyi dalem satu2nya Masnah (photo atas) yang wafat 10 tahun lalu, dan tak ada gantinya.

Sekitar 20 tahun lalu saya bertemu Masnah di kampungnya Neglasari Tangerang. Ia mengatakan menyiapkan 3 pengganti. Mungkin Masnah benar. Penggantinya tak beruntung. Era dalem telah berlalu. Sekarang lagu keroncong, pop, dangdut dibikin sayur.

Peta gambang: terkuat Tangerang, terutama pesisir, Jakarta Timur, Gunung Sindur (Depok). Di Bekasi pernah ada, tapi kini makin sulit didapat.

Tangerang artinya menyanyi, dari bahasa Armen. Mengerang punya akar kata yang sama dengan tangerang. Tangerang dari hymn, bahasa Egypt. Siano dalam lyric judul juga Egypt, artinya gadis. Di Sumatera Barat ada Ngarai Sianok.

Jika sejarah peradaban Andunisi ditelusuri, dipastikan kita tak akan ketemu jejak India seperti di-gembar-gembor arkaeolog.

Utak utik utak uger
Ayam rintik menclok
di pager
Ade tikus kucing uber
Ade none saya seger

(RSaidi)

EDITOR : REYNA







banner 468x60