Munculnya Simbol Cupu Kyai Panjala Ditengarai Sebagai Pertanda Alam, Dan Dinamika Politik di Gunungkidul

Munculnya Simbol Cupu Kyai Panjala Ditengarai Sebagai Pertanda Alam, Dan Dinamika Politik di Gunungkidul
Ritual Pembukaan Cupu Kyai Panjala di Gunungkidul




ZONASATUNEWS.COM, JOGJAKARTA–Tradisi ritual tahunan pembukaan tiga cupu Kyai Panjala kembali digelar Senen Wage malam Selasa Kliwon 5/10/2020 di Padukuhan Mendak, Kalurahan Girisekar Kapanewon Panggang Gunungkidul.

Ketiga cupu keramat yang dibungkus puluhan lembar kain kafan peninggalan Kyai Panjala ratusan tahun lalu diyakini mampu mampu membuka tabir kejadian alam berkaitan dengan tatanan kehidupan manusia .

Ketiga cupu peninggalan Kyai Panjala yang selama ini menjadi perhatian masyarakat dari pelosok tanah air ini yaitu Palangkinantang ,Kenthiwiri, Semar TInandu. Ritual pembukaan kain kafan pembungkus Cupu Kyai Panjala dipimpin Dwidjo Sumarto garis keturunan dari Kyai Panjala.

Disetiap lembar kain kafan pembungkus muncul gambar atau symbol yang diyakini sebagai pertanda alam. Ada 38 simbol yang muncul di setiap lembaran kafan pembungkus cupu Kyai Panjala yang dibacakan menggunakan adat jawa.

1. Sisih lor wetan ana ang 13 kuwalek
2. Ana gambar mustaka utawa kubah Masjid
3. Sisih lor ana tulisan APRI
4. Sisih wetan ana gambare gunung
5. Kemule katon lemek
6. Sisih wetan ana getih garing
7. Sisih lor wetan ana gambar bunderan 3 menceng
8. Sisih wetan ana gambar sirah wong nganggo kabaret
9. Sisih kidul ana gambare wayang, nanging ora bisa disebutke jenise wayang, amung katon separo awak
10. Sisih lor gambar wong mlayu ditutke wong akeh nanging padha ora nganggo klambi
11. Sisih kulon ana gambare turangga utawa jaran
12. Sisih kidul kemule ana trotol trotole
13. Sisih lor kulon ana tlemokan lemah abang
14. Sish kidul wetan ana gambare ember
15. Sisih kidul ana wujude merang gabah
16. Sisih lor wetan ana gambar gajah, nanging sirahe dengkluk ketiban watu
17. Sisih wetan ana aksara S
18. Sisih lor ana angka 2
19. Sisih kidul ana aksara C nanging kewalek
20. Kemule katon kemresik garing
21. Sisih wetan ana gambare mata siji mendolo katon mandeng
22. Sisih lor ana titik kaya mangsi
23. Sisih kulon ana gambare wayang wujud hanoman
24. Sisih wetan ana wujudan kliko kayu
25. Sisih kidul ana gambar tombak sak landeane
26. Sisih lor wetan ana gambare wong wedok rambute ngrembyak,kuping kiwa nganggo anting anting
27. Sisih lor kulon ana aksara Y V, kara angka 20
28. Sisih kidul ana bercake getih garing
29. Sisih lor kulon ana gambar iwak lele cacah 3 malaku ngidul
30. Sisih lor ana gambare panah
31. Sisih kidul kulon kaine mori krasa ngeres
32. Sisih lor kulon ana gambar bocah wadon cilik wuda
33. Sisih lor wetan ana gambare kewan trowelu (kelinci) cacah 2 pada adu sirah cakot cakotan
34. Kainen mori kang pungkasan kaya kena reget
35. Kentiwiri katon dayang ngidul ngulon
36. Palang kinantang dayang ngidul ngetan
37. Semar tinandhu dayang ngalor
38. Seng paling abot palang kinantang, nomer loro kenthiwiri, paling entheng semar tinandhu

Hadir pula Cucu Sri Sultan Hamengku Buwana VIII, Gusti Kukuh Hestarining, dia menuturkan bahwa ada banyak kemunculan pertanda alam yang bersifat positif, khususnya bagi para petani. Seperti akan datangnya musim penghujan, sehingga tanah akan kembali menjadi subur.

“Banyak pertanda yan g bersifat positif, utamanya dibidang pertanian, dan harapanya semoga akan menjadi lebh baik” ungkap Gusti Ning, pangilan akrab cucu sri Sultan Hamengku Buwana ke VIII.

Sementara Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul, CB Supriyanto saat dikonfirmasi terkait prosesi ritual Cupu Kyai Panjala mengatakan, baha waktu dulu prediksi terkait Cupu Panjala hanya untuk masalah pertanian. Seiring perjalanan waktu , banyak orang menafsirkan dari sisi yang berbeda.

“Kadang ada yang mengkaitkan dengan masalah politik, budaya, tentang teknologi,kalau memang merasa ada kebenarannya, ya terserah,orang bebas mau menafsirkan apa saja”, terang CB Supriyanto.

BACA JUGA :

Lain halnya dengan pernyataan mbah Cokro salah satu tokoh spiritual asal Gunungkidul, kemunculan symbol Cupu Kyai Panjala dikaitkan dengan dinamika politik menjelang Pilkada di Gunungkidul. Menurutnya ada beberapa isarat khusus yang ditangkap berkaitan dengan pertarungan pilkada ditahun ini.

Ada pun symbol yang berhasil diungkap mbah Cokro salah satunya tentang kemunculan angka 13 terbalik. Konon angka 13 diyakini oleh sebagian masyarakat jawa merupakan angka yang harus dihindari karena melambangkan kesialan.

Namun karena symbol yang muncul di kain kafan cupu panjala tergambar terbalik, menurut pengakuan mbah Cokro maknanya jadi berbeda, angka 13 terbalik melambangkan tritunggal, atau telu telune atunggal, yang mempunyai makna tiga kekuatan akan manunggal atau menyatu menjadi satu.

“Angka telulas kewalek kuwi maknane ya tri tunggal, telu telune atunggal, cipta, rasa, lan karsane manungsa bisaa manunggal nyawiji dadi siji, ing tembe mujudake kahanan jati ya sejatine kahanan kang mahanani mobah mosiking madekke sri narendra ing bumi handayani” kata mbah Cokro

Ditambakan, kemunculan gambar tombak lengkap dengan gagangnya sebagai isarat tentang kedudukan, juga derajat sesorang. Konon menurut mbah Cokro, siapa yang mampu mengendalikan keampuhan tombak Kyai Junjung Drajat, dialah yang nantinya berhasil menduduki kursi kepemimpinan di Gunungkidul.

“Tombak Kyai Junjung Drajat dapur prlambang utawa pralampita adegke pulung kaluhuran pangkat drajat, sapa kang kadunungan tombak kuwi ing tembe bakal dadi nayakane praja kang diasihi sakdengah kawula dasih, (tombak kyai junjung drajat hanya sebatas perlambang tentang adanya pulung kepangkatan dan derajat seseorang,siapa yang memilikinya kelak akan menjadi seorang bangsawan atau pemimpin yang disegani oleh para kawulanya)”. kata Mbah Cokro. (mbang).

EDITOR : SETYANEGARA







Tags: ,
banner 468x60