Daniel M Rosyid : Satyagraha

Daniel M Rosyid : Satyagraha
Daniel Muhammad Rosyid




Oleh : Daniel Mohammad Rosyid

Saat Republik secara perlahan tapi pasti diubah menjadi Roma di bawah Nero, malpraktek administrasi publik telah menghasilkan diskriminasi sosial : rakyat terbelah belah menjadi sekelompok kecil elite parpol dan kroni korporasinya, penyembur kebohongan pembela yang nbayar, massal pembisu yang patuh dan dungu, serta yang dinistakan gegara kritis terhadap rezim penguasa. Diskriminasi jenis ini tidak berbasis ras seperti apartheid di Afrika Selatan, dan white supremacy di AS, atau race genocyde di Xin Jiang atau Australia, tapi berbasis ideologi.

Kaum sekuler radikal yang kini jumawa di kursi kekuasaan secara terstruktur, sistemik dan masif selama beberapa .tahun terakhir telah dengan gampang menuduh mereka yang setia pada UUD1945 sebagai anti-Pancasila, bahkan anti-NKRI dan anti-kebhinnekaan. Lalu menuduh mereka yang setia mengikuti Muhammad Rasulullah sebagai Islam radikal, bahkan teroris. Seseorang harus berkuasa untuk menjadi munafik in optima forma.

Republik ini didirikan untuk melawan semua jenis diskriminasi sebagai proses perampasan kemerdekaan sipil. Saat semburan kebohongan ditebar dalam berbagai hoaxes, tentara menjadi lame duck, dan polisi semakin power abusive, pengadilan menjadi dagelan hukum, untuk menghentikan diskriminasi yang mengancam Republik ini, kita perlu mendeklarasikan kesetiaan pada kebenaran yang memerdekakan. Oleh Mahatma Gandhi disebut Satyagraha. Perlawanan publik melawan diskriminasi ini juga telah dilakukan oleh Nelson Mandela juga oleh Martin Luther King Jr. Ini pula yang dilakukan oleh HOS Tjokroaminoto sekitar 100 tahun yang lalu.

Saat pengkhianatan merebak hampir di semua sudut kehidupan berbangsa dan bernegara, kesetiaan adalah barang langka. Apalagi kesetiaan pada kebenaran. Hari gini? Yakinlah bahwa kesetiaan akan mengusir ketakutan. Dan kesetiaan pada kebenaran adalah oase optimisme bagi mereka yang beriman.

Menunggu Subuh, Malang, 6/5/2021







banner 468x60